NEWS

Sempurnakan Layanan, MAS Kargo Raih Sertifikasi ISO 9001: 2015

Layanan yang terstandarisasi dan sistem operasional yang baku dan diakui seluruh dunia, membuat banyak perusahaan berlomba untuk mendapatkan sertifikasi yang memudahkan dalam operasional usaha dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Hal ini pula yang dirasakan PT Merpati ALam Semesta (MAS) Kargo yang dalam usia yang ke-23 tahun sukses mendapatkan Sertifikasi ISO 9001-2015 untuk kategori warehousing & Distribution (Delivery service Airfreight, land transport, Seafreight) yang diterima pada Jumat 19 April 2024 di kantor MAS Kargo, Jl. Saharjo, Jakarta Selatan.

Menurut Direktur Utama MAS Kargo, HM Zubir, bahwa selama 23 tahun MAS Kargo melayani pelanggan, selalu memenuhi ekspektasi pelanggan yang membuat MAS Kargo semakin tergerak untuk mengikuti persyaratan yang mereka minta, terutama perusahaan besar dan perusahaan asing.

“Untuk mempermudah kerjasama dan menjadi bagian dari upaya menenuhi kualifikasi standar yang ada, dan demi keyamanan pelanggan saat bekerjasama dengan kami,” katanya.

Lalu, imbas dari diraihnya sertifikasi ISO 9001-2015 efek positif bagi internal MAS KARGO adalah saat ini tim bekerja ada standarnya. “Jadi tidak berubah-ubah, hari ini bagus besok jelek, tidak. Costumer A bagus namun untuk costumer B jelek, tentu hal itu kita tidak ingin lakukan. Sertifikat ISO ini jangan dianggap remeh. Karena ini sudah sistem yang bekerja dan sistem ini sudah berstandar internasional dan bagi manajemen ini semakin mudah dalam mengontrol dan membuat perusahaan ini semakin berkembang,” katanya kepada media di Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Board Of Director, MAS Kargo, R. Henri Dunanto menyatakan bahwa dunia jasa ekspedisi dan pengiriman barang ini, baik dalam skala domestik yang MAS Kargo tangani, memang semakin dinamis, makin cepat dan efisien, itu adalah pilihan, makin ke sini tuntutannya makin spesifik dan kompleks.

“Tentunya tidak bisa lagi dilayani dengan aktivitas yang standar. Pelanggan juga semakin pintar, tuntutannya makin canggih, makin cepat dan makin murah. Nah, hal semacam ini tidak bisa lagi ditangani secara standar, hal ini yang membuat kita terpacu untuk sebuah layanan yang sudah bagus kepada satu pelanggan, harus bisa diduplikasi kepada customer lainnya dengan standarisasi layanan dan kualitas yang sama baiknya, itu yang saat ini kami jalani,” katanya mempertegas komitmen pelayanan pelanggan yang sempurna dari MAS KARGO sesaat setelah serah terima sertifikat ISO 9001:2015.

Tantangan ke depan, Henri Dunanto menambahkan, MAS Kargo yang kini mempunyai 14 cabang, tersebar dari Kota Semarang sampai Jayapura, dalam memastikan prosesnya layanannya berjalan dengan maksimal. “Tantangan bagi Kami adalah bagaimana melakukan standarisasi yang baku dan pelaksanaannya di cabang-cabang yang ada harus sesuai dengan apa yang tertera dalam SOP yang sudah dibakukan, semuanya sedang on proses dalam pelaksanaannya, agar pelayan di Jakarta yang sudah bagus, dapat juga baik kualitasnya di cabang-cabang, baik di Jakarta, baik pula di Jayapura, Makassar, dan lainnya,” ujarnya.

Dengan diraihnya Sertifikat ISO 9001-2015 ini, Henri berharap MAS Kargo semakin mudah dalam bersaing merebut hati dan kepercayaan pelanggan.

“Sertifikat ISO ini juga dapat kami jadikan sebagai senjata atau ‘SIM’ dalam merebut hati dan kepercayaan konsumen. Karena hal ini inline dengan mereka (para pelanggan,red) dalam menjaga standarisasi layanan dan kerja sesuai dengan standar internasional. Karena bagi sebuah perusahaan yang tidak berbasis di Indonesia, tentu saja sertifikat semacam ini menjadi kenyamanan bagi mereka untuk trust dengan kita,” katanya.

Henri berharap dengan diaihnya sertifikat ISO ini, kinerja SDM semakin baik, terukur sesuai standar yang sudah diterapka. Terutama, katanya, kesiapan Man power dalam melaksanakan sistem kerja berbasis ISO ini. Dalam pembuatan ISO ini kami juga melibatkan tim, tetapi belum menyeluruh sampai ke cabang-cabang, kita terus lakukan sosialisasi ke cabang-cabang, kami harus memastikan bahwa sertifikasi ISO ini untuk meningkatkan kualitas kerja dan sistem kerja yang berjalan dengan baik, karyawan semua harus memahami modul dan sistem yang tertulis dalam semua sisi operasional MAS Kargo. Dalam perusahaan yang sudah mendapatkan ISO, tidak mungkin kita bicara dengan konsumen sambil merokok, pick up terlambat, itu tidak mungkin, atau misalkan mobilnya jorok, datang tidak pakai seragam atau ID Card misalnya, ini yang kami harus sadarkan ke internal kami bahwa ini adalah senjata dahsyat yang harus dibuktikan,” katanya.

Dan harapannya untuk pelanggan MAS Kargo, semakin baik lagi dalam melayani pelanggan dan pelanggan yang ada juga harus semakin loyal dan selalu repeat order. “Pelanggan kami akan merasa semakin percaya jika kirimannya ditangani dengan baik, dimanapun, baik di Jakarta atau di daerah manapun, serah terima barangnya dengan sopan, jangan sampai dia merasa barangnya diambilnya sopan begitu diantar atau dikirimnya ditangani secara kasar,” jatanya.

Selain itu, dengan adanya Sertifikat ISO ini, semakin menambah kepercayaan masyarakat dan membuka peluang untuk pekerjaan dalam pengiriman barang. “Dengan ada ISO ini kami bisa handle kebutuhan pengiriman barang, baik itu tender, pengadaan, penunjukan langsung atau apa pun bentuknya, kami bisa ikut serta dalam peluang-peluang tersebut sehingga sebagai perusahaan yang sudah ISO certified kami bisa bersaing lebih baik lagi dengan para kometitor yang ada,” katanya.

Sementara itu, Konsultan Sertifikasi ISO, RIR Consulting menyatakan bahwa sertifikasi ISO ini merupakan bentuk nyata dari komitmen perusahaan untuk melakukan perbaikan di semua lini operasionalnya.

“Karena banyak perusahaan yang mengajukan sertifikasi, tapi tidak komitmen dengan proses yang dilakukan, misalnya beralasan sibuk dengan kerjaannya maisng-masing atau biasanya setiap Perusahaan itu sudah mempunyai sistem, namun belum tentu (sistem) atau prosedurnya itu sudah sesuai standar internasional atau belum. Nah, dengan adanya sertfikasi ISO ini, perusahaan dapat melakukan perbaikan dalam sistem operasionalnya yang sesuai dengan standar internasional dan menambah kepercayaan pelanggannya untuk bekerjasama lebih baik lagike depannnya,” ujar Fadilla Sari, Manager Marketing RIR Consuting.

Sumber : https://mynewsindonesia.com/2024/04/22/sempurnakan-layanan-mas-kargo-raih-sertifikasi-iso-9001-2015/

Back

Continue to follow the latest updates from Mas Kargo